"Get Gifs at CodemySpace.com "

Sabtu, 05 Mei 2012

Bagian Ginjal dan Fungsi Ginjal Bagi Kesehatan Manusia dan Daftar Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal


fungsi ginjal manusia
Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang erat hubungannya dengan peredaran darah manusia. Ginjal manusia memiliki panjang kurang lebih sepuluh sentimeter. Ginjal berbentuk seperti biji kacang dan berjumlah dua buah. Masing-masing ginjal terletak di bagian kanan dan kiri tulang punggung agak ke bawah. Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting bagi sistem pengeluaran (ekskresi) manusia.
Fungsi ginjal adalah mengeluarkan bahan dan sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh lagi. Ginjal membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi dan mengambil zat-zat yang masih diperlukan tubuh. Ginjal juga bertugas mengatur kadar air dan bahan lainnya di dalam tubuh. Kelainan fungsi kerja ginjal dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti nefritis, diabetes melitus dan batu ginjal.
Menurut Encyclopedia Britanica, pada bagian luar ginjal terdapat pembuluh kecil darah yang diujungnya terdapat bagian yang menyerupai bola-bola bertutup lapisan halus. Pada setiap ginjal terdapat satu juta bola yang disebut glomeruli. Lebih banyak darah mengalir melalui ginjal setiap menit daripada melalui organ-organ lain di dalam tubuh. Dari glomeruli tersebut mengalir darah yang membawa zat-zat penting melalui sebuah lapisan tipis.

Ginjal Memproses Sisa Cairan Tubuh Menjadi Urine

Cairan yang terbuang melalui glomeruli disebut urine. Ia terkumpul pada bagian yang menyerupai cawan dan menutup setiap glomerulus. Suatu pipa yang disebut tubule bertugas mengosongkan mangkuk-mangkuk tadi. Bahan-bahan yang diperlukan tubuh dikembalikan ke dalam darah untuk diserap kembali menjadi sari-sari makanan. Dengan demikian, zat gula tidak hilang begitu saja dari dalam tubuh.
Bagian Ginjal dan Fungsi Ginjal Bagi Kesehatan Manusia
Banyak volume air di dalam tubule yang akhirnya dikembalikan ke dalam peredaran darah. Dengan demikian, ginjal membantu memelihara keseimbangan tubuh agar tetap cukup mengandung air. Apabila seseorang berkeringat atau tidak meminum air yang cukup banyak, ginjal akan mengirim lebih banyak cairan ke dalam tubuh sehingga volume air kencing pun akan berkurang.
Selain itu, tugas ginjal bagi metabolisme tubuh manusia adalah mengatur tingkat keasaman aliran darah. Semua tubule kecil yang berada di bagian dalam setiap ginjal bermuara pada sebuah kantong yang disebut kandung kemih. Urine atau air kencing turun melalui pipa yang disebut ureter dari ginjal menuju kandung kemih. Semoga informasi kesehatan ini bisa berguna untuk Anda. Ayo lindungi kesehatan ginjal dengan minum air putih minimal 6 gelas per hari!






Beberapa penyakit yang berhubungan dengan kelainan fungsi organ ginjal. Ginjal adalah organ tubuh manusia yang terletak di dorsal kiri dan kanan tulang belakang di daerah pinggang. Rongga ginjal dihubungkan oleh ureter ke kandung kencing yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara urine sebelum dikeluarkan dari tubuh.
Fungi ginjal bagi kesehatan manusia adalah sebagai salah satu alat ekskresi (pengeluaran sisa-sisa metabolisme) yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Selain itu, ginjal berguna untuk mempertahankan cairan ekstraseluler dengan jalan mengeluarkan air yang berlebihan. Ginjal manusia juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh.
Ginjal terdiri dari bagian kiri dan kanan dan dapat bekerja optimal bila keduanya berfungsi sebagaimana mestinya. Namun terdapat beberapa kasus yang menyebabkan organ ginjal tidak dapat berfungsi secara baik. Penyakit yang disebabkan oleh kelainan fungsi ginjal antara lain:
Daftar Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kelainan Fungsi Organ Ginjal

1. Penyakit Nefritis

Menurut Wikipedia, nefritis adalah gangguan pada nefron yang disebabkan karena infeksi kuman. Gangguan fungsi ginjal ini dapat menyebabkan penyakit uremia, yaitu bertambahnya ureum yang masuk dalam darah sehingga melebihi kadar normalnya. Masuknya ureum dalam darah tersebut menyebabkan terganggunya penyerapan air sehingga air akan tertimbun di kaki atau organ tubuh lain.

2. Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes Melitus disebut juga sebagai penyakit kencing manis atau sakit gula. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah yang disebabkan oleh kekurangan insulin. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen (gula otot). Kelebihan glukosa dalam darah tersebut akhirnya dikeluarkan melalui air kencing. Maka tidak mengherankan bila air kencing penderita diabetes melitus akan segera dihampiri sekawanan semut bila tidak lekas disiram.

3. Penyakit Batu Ginjal

Satu lagi penyakit yang disebabkan oleh kelainan fungsi organ ginjal, yaitu batu ginjal. Penyakit ini terjadi kepada manusia yang sering menahan kencing. Kurang konsumsi air minum juga bisa menyebabkan penyakit batu ginjal karena sisa-sisa zat metabolisme tubuh akan bertumpuk menjadi batu di dalam sistem pengeluaran air kencing. Penderita batu ginjal akan merasa kesakitan saat buang air kecil karena saluran kencing mereka terhambat.
Kita dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit akibat kelainan fungsi organ ginjal dengan cara meminum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Ahli kesehatan menyarankan manusia dewasa minum air putih minimal 6 gelas per hari sehingga sistem pengeluaran tubuh dapat berfungsi dengan baik. Semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda. Ayo kita cegah datangnya penyakit dengan bergaya hidup sehat sejak kini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar