"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 18 Januari 2012

KHASIAT BUAH PISANG

Buah Pisang

Khasiat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah pisang merupakan sejenis tumbuhan yang tergolong dalam famili Musaceae. Buah pisang mempunyai rasa yang sedap dan lezat serta mudah ditanam. Buah pisang merupakan buah tropika yang mudah kita temui di Malaysia. Selain itu, harganya pun juga agak murah berbanding dengan buah-buahan lainnya. Namun, mungkin orang tidak menduga bahawa sesederhana buah pisang yang biasa diketemu sehari-hari itu ternyata memiliki seribu macam manfaat, mulai dari perlindungan kardiovaskuler, menjaga kesihatan mata, memperbaiki tulang, sehinggalah berupaya mencegah kanker.
Buah pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Buah pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Khasiat Buah Pisang

Ternyata ada banyak sekali khasiat buah pisang, seperti yang ada dibawah ini :
  1. Buah pisang merupakan sumber kebaikan potassium, karena 100 gram buah pisang mengandung 400 gram potassium. Sekedar mengingatkan, potassium adalah nutrisi yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, menyuplai energi, membantu pertumbuhan otot dan mencegah terjadinya kram otot.
  2. Delapan asam amino-molekul pembentuk protein dikandung buah pisang. Itu dibutuhkan tubuh, karena tubuh tak mampu menghasilkannya.
  3. 23 Juta buah pisang dikonsumsi para petenis pria dan wanita dalam turnamen tenis Wimbledon setiap tahunnya. Maklum, buah pisang memiliki sumber energi tinggi.
  4. Diare bisa disembuhkan hanya dengan mangkonsumsi buah pisang yang memiliki titik-titik coklat di kulitnya. Sebab, ada pectin, potassium dan magnesium yang dikandung oleh buah pisang.
  5. Buah pisang mampu memulihkan stamina tubuh, sebab buah pisang menggantikan potassium yang hilang dari dalam tubuh. Selain itu buah pisang juga mampu menghilangkan rasa pegal, mengurangi rasa mual, dan mengurangi tingginya level magnesium, sehingga membantu menghilangkan pusing dan melancarakan peredaran darah.
  6. Kulit buah pisang mempunyai manfaat lebih di daerah tropis, selayaknya Indonesia. Rasa gatal dan bengkak bekas gigitan nyamuk bisa dihilangkan dengan hanya mengusapkan kulit buah pisang.
  7. Dua buah pisang sehari mampu mengurangi tekanan tinggi sampai 10 persen. Itu berdasarkan penelitian para dokter di India.
  8. Buah pisang mengandung 3 gula yaitu fruktosa, sukrosa, glukosa dan memiliki lebih banyak karbohidrat serta yang penting dibandingkan buah lain. Gula yang masuk ke aliran arah mengalir dengan kecepatan berbeda yang bisa menjaga kadar gula dan menghindari energy crashes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar