"Get Gifs at CodemySpace.com "

Senin, 07 Mei 2012

5 Tokoh Penjelajah Samudra Bersejarah Dari Portugis


Tokoh Penjelajah Samudra Bersejarah Dari Portugis
Pada akhir abad ke-15 bangsa-bangsa Eropa berlomba melakukan penjelajahan samudra. Mereka terdorong melakukan penjelajahan karena keinginan mencari kekayaan, menyebarkan agama, mencari kejayaan dan didukung oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memungkinkan pelayaran antar benua.
Salah satu bangsa Eropa yang terkenal sebagai penjelajah samudra adalah Portugis. Bersama Spanyol dan Inggris, Portugis adalah negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia. Hal tersebut didukung oleh keberanian para tokoh penjelajah samudra asal Portugal. Beberapa tokoh Portugis yang dikenal sebagai penjelajah ulung dan tercatat dalam Wikipedia antara lain:

Peta Kuno Samudra Hindia

1. Bartholomeuz Diaz.

Pada tahun 1486 Bartholomeuz Diaz mengawali masa penjelajahan samudra dari Portugal. Bartholomeuz Diaz berlayar dari Lisabon menyusuri pantai barat Afrika dengan tujuan mencapai India. Namun malangnya kapal Bartholomeuz Diaz terdampar di ujung selatan benua Afrika. Kemudian dia menamakan tempat tersebut sebagai Tanjung Harapan (Cape of Good Hope).

2. Vasco da Gama

Pada tahun 1498 Vasco da Gama memimpin pelayaran ke India atas perintah raja Emmanuel I. Ia berangkat dari Lisabon menyusuri pantai barat Afrika lalu memutar ke Tanjung Harapan dan menyusuri pantai timur benua Afrika. Di pantai timur Afrika inilah Vasco da Gama bertemu dengan pedagang-pedagang Islam dan mendapatkan banyak informasi terkait kekayaan alam bangsa Asia.
Atas saran dan petunjuk para pedangang Islam tersebut, Vasco da Gama beserta rombongannya meneruskan pelayaran mengarungi Samudra Hindia. Pada bulan Mei 1498 rombongan Vasco da Gama mencapai Kalikut, India. Di tempat tersebut Vasco da Gama mendirikan pos perdagangan.

3. Alfonso d’Albuquerque

Alfonso d’Albuquerque adalah salah satu tokoh penjelajah samudra terkenal dari Portugis. Pada tahun 1511 Alfonso d’Albuquerque berhasil menduduki kota Malaka. Secara politis, Portugis berhasil menguasai Malaka namun secara ekonomis gagal karena pedagang-pedagang Islam meninggalkan Malaka. Sebaliknya, para pedagang Islam memindahkan pusat perdagangan mereka ke bandar lain seperti Aceh, Banten, Demak, dan Makassar.

4. Fransisco de Almaeda

Fransisco de Almaeda adalah tokoh penjelajah samudra dari Portugis yang berhasil menaklukkan Goa, India. Wilayah Goa kemudian dikembangkan oleh Fransisco de Almaeda sebagai pusat perdagangan yang ramai. Hasil rempah-rempah di India merupakan barang dagangan yang laku keras di pasar Eropa sehingga Portugis berkepentingan menguasai wilayah tersebut.

5. Cabral

Pada tahun 1500 Cabral melakukan penjelajahan samudra melalui jalur barat, yaitu melalui Samudra Atlantik menuju Brazilia di Amerika Selatan. Di bawah pimpinan Cabral inilah Portugis berhasil menanamkan kekuasaannya di wilayah Amerika Selatan. Beberapa negara Amerika Selatan sampai sekarang masih menggunakan bahasa dan budaya Portugal sebagai bentuk peninggalan kolonialisme Portugis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar