"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 18 Januari 2012

KHASIAT BUAH APEL

Buah Apel

Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan

 
Pohon apel adalah salah satu buah pohon yang paling banyak dibudidayakan. Buah apel dikonsumsi sebagai buah mentah atau sebagai jus apel kebanyakan tetapi juga digunakan sebagai bahan makanan penutup. Apple pie adalah salah satu, pencuci mulut favorit kebanyakan orang.
Buah apel dikenal karena kemampuan mereka untuk mengurangi resiko beberapa jenis kanker termasuk kanker kolon, paru-paru dan kanker prostat. Jumlah serat yang tinggi dalam buah apel bertanggung jawab terutama dalam mengurangi resiko kanker usus besar yang bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik pada tahap awal.
Buah apel tidak mengandung kolesterol. Serat buah apel, membantu dalam mengendalikan kolesterol dengan cara mencegah atau mengurangi penyerapan minyak kembali. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah apel yang baik untuk pasien jantung dan juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan.
Buah apel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Juga mengandung mineral penting seperti Besi, Kalsium, Magnesium, Zinc, Fosfor dan Kalium. Kalori dalam buah apel : Dibandingkan dengan beberapa buah-buahan, buah apel mengandung jumlah yang relatif tinggi kalori. 100g buah apel akan berisi sekitar 218 Kilo Jules energi. Terlepas dari kalori, semua manfaat kesehatan lainnya dan nutrisi penting buah apel dapat memberikan kita, buah apel adalah salah satu yang terbaik, mudah diperoleh dan direkomendasikan untuk menjadi bagian dari diet sehari-hari anda.

Manfaat Buah Apel

Mengkonsumsi buah apel mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Menurunkan berat badan.  Salah satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 3 buah apel sehari dalam dietnya dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak makan buah apel.
  2. Melindungi tulang. Buah apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin, dapat membantu mencegah osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang.  Kandungan boron dalam buah apel juga memperkuat tulang dan  membantu menanggulangi  penyakit Asma. Satu studi menemukan bahwa anak-anak penderita penyakit asma yang minum jus apel setiap hari dapat mengurangi penderitaannya daripada mereka yang tidak minum. Selain itu, anak-anak yang lahir dari wanita hamil yang mengkonsumsi buah apel mengurangi tingkat resiko menderita penyakit asma.
  3. Menurunkan Kolesterol. Karena kandungan pektin dalam buah apel, orang-orang yang mengkonsumsi 2 atau lebih buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16%.
  4. Perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Telah ditemukan bahwa quercetin dalam buah apel dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan banyak orang menderita Alzheimer.
  5. Perlindungan dari penyakit kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian dari 10.000 orang, mereka yang makan buah apel paling banyak memiliki 50 persen lebih rendah risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid quercetin dan naringin yang ditemukan dalam buah apel.
  6. Mencegah Kanker payudara. Sebuah studi Cornell menemukan bahwa seseorang yang makan satu buah apel per hari bisa mengurangi tingkat resiko terkena kanker payudara sebesar 17 %, dan dari penelitian terhadap tikus yang makan 3 buah apel  per hari dapat mengurangi tingkat resiko sebesar 39 %.
  7. Melindungi dari kanker usus besar.  Dari penelitian yang dilakukan terhadap Tikus yang diberi makan dari ekstrak kulit buah apel memiliki tingklat resiko 43 % lebih rendah dari serangan kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam buah apel akan mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu untuk mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.
  8. Mencegah Kanker Hati. Tikus hasil penelitian yang diberi makan ekstrak kulit buah apel memiliki resiko kanker hati 57 % lebih rendah.
  9. Pengelolaan kadar gula bagi penderita Diabetes. Pektin dalam buah apel menghasilkan asam galacturonic dalam tubuh yang menurunkan kebutuhan insulin dan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar