"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 18 Januari 2012

KHASIAT BUAH NAGA

Buah Naga

Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah Naga adalah buah dari pada sejenis pokok kaktus. Ia ditanam secara komersial di Vietnam dan Australia, walaupun ia berasal dari Amerika Selatan. Buah naga yang matang adalah seberat lebih kurang 400 gram tetapi ada juga yang membesar sehingga lebih satu kilogram.
Isi buah naga berwarna putih, merah, atau ungu dengan taburan biji-biji yang berwarna hitam yang boleh dimakan. Tekstur isinya adalah seperti isi tembikai, manakala rasanya pula adalah seperti buah kiwi. Ciri-ciri unik inilah yang menjadikan buah naga amat sesuai dijadikan ramuan dalam salad buah-buahan.

Jenis Buah Naga

Ada 4 jenis buah naga yang ada di dunia, berikut adalah jenis-jenis dari buah naga :
1. Buah Naga Daging Putih (hylocereus undatus)
Kulit merah buah naga ini amat kontras dengan daging putih di dalamnya. Di dalam daging itu bertebaran biji hitam. Jenis buah naga ini mudah dijumpai di pasar lokal maupun mancanegara. Bobot rata-rata per buah 400-500 gram, ada juga yang hingga 650 gram. Buah naga jenis ini bercita rasa manis bercampur masam segar, mempunyai sisik atau jumbai kehijauan di sisi luar, serta kadar kemanisannya tergolong rendah dibandingkan dengan buah naga jenis lain. Kadar kemanisan 10-13 brik. Buah naga ini sangat cocok ditanam di lahan kering, dan dalam sekali tanam usianya bisa bertahan sampai 20 tahun.
2. Buah Naga Daging Merah (hylocereus polyrhizus)
Sosok buah naga jenis ini lebih kekar. Di bagian batang dan cabang buah naga mempunyai jarak antarduri tampak lebih rapat. Bobot buah naga jenis ini rata-rata 400-500 gram. Dagingnya berwarna merah keunguan. Kadar kemanisan 13-15 brik.
3. Buah Naga Daging Super Merah (hylocereus costaricensis)
Batang buah naga jenis ini lebih besar dan berwarna loreng ketika tua. Kulit buah naga ini merah dan berjumbai. Ukuran buah naga ini rata-rata 400-500 gram. Tingkat kemanisan 13-15 brik.
4. Buah Naga Kulit Kuning Daging Putih (selenicerius megalanthus)
Penampilannya khas dengan kulit kuning dan tanpa sisik atau jumbai. Tekstur kulit cenderung halus, seperti apel, sehingga dijuluki kaktus apel. Kadar kemanisan 15-18 brik. Ukuran buah naga ini 80-100 gram.

Manfaat Buah Naga

Ada beberapa manfaat dari buah naga itu sendiri, berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga :
  • Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker dan detriments kesehatan lainnya dari memasuki tubuh Anda.
  • Buah naga membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat. Selain itu, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah naga.
  • Konsumsi buah naga ini karena membantu dalam melawan batuk dan asma.
  • Buah naga Ini memiliki jumlah tinggi vitamin C dan membantu dalam penyembuhan memar dan luka dengan cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.
  • Vitamin B1 dalam buah naga ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.
  • Karena kehadiran vitamin B3, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini meningkatkan penampilan kulit Anda dengan menghaluskan dan melembabkan itu.
  • Manfaat buah naga yang lain yaitu meningkatkan penglihatan dan menghindari hipertensi.
  • Karena merupakan sumber yang baik fosfor dan kalsium, memperkuat tulang, membantu dalam pembentukan jaringan dan bentuk gigi yang sehat.
  • Konsumsi rutin buah naga berat badan menurun, sehingga menciptakan tubuh yang seimbang.
  • Buah naga juga sangat membantu dalam mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Berikut ini kandungan nutrisi lengkap buah naga :
Kadar Gula  : 13-18 briks
Air               : 90 %
Karbohidrat : 11,5 g
Asam           : 0,139 g
Protein         : 0,53 g
Serat            : 0,71 g
Kalsium        : 134,5 mg
Fosfor          : 8,7 mg
Magnesium  : 60,4 mg
Vitamin C     : 9,4 mg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar