"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 01 Februari 2012

tugas 10 malaikat

10 Malaikat

Ada berapakah jumlah seluruh malaikat? Jumlah malaikat mencapai ribuan, bahkan mungkin jutaan, walaupun tidak diketahui angka pastinya. Sebab Allah SWT sendiri merahasiakannya. ” …. dan tidaklah Kami jadikan bilangan mereka itu melainkan ujian bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi Alkitab menjadi yakin, dan supaya orang-orang yang beriman itu bertambah imannya.” (QS. Al Mudatstsir : 31).
Bukti lain yang menunjukan jumlah malaikat ribuan adalah sewaktu Allah SWT mengirim malaikat untuk membantu Rasulullah SAW dan kaum muslimin dalam perang Badar. “Ingatlah, ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu Dia memperkenankan bagimu : Sesungguhnya Aku akan menolong kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” (QS. Al Anfal : 9). Sehingga pasukan kaum muslimin yang berkekuatan 313 orang dapat mengalahkan pasukan kafir Quraisy yang berkekuatan 1000 orang.
Dari sekian banyak malaikat, menurut golongan Ahlu Sunnah wal Jamaah hanya 10 malaikat yang perlu diketahui oleh orang-orang beriman. Adapun sepuluh nama malaikat dan tugas mereka masing-masing adalah sbb :
1. Jibril
Malaikat yang mengepalai seluruh malaikat. Nama lain malaikat Jibril ialah Namus, Ruhul Amin (roh yang diberi kepercayaan) dan Ruhul Qudus (roh yang suci).
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul. “Dia Yang Maha Tinggi Derajat-Nya, yang memiliki ‘Arsy, mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya agar dia peringatkan (manusia) tentang hari pertemuan.” (QS. Al Mu’min : 15)
2. Mikail
Malaikat yang bertugas membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. Selain itu kerap mendampingi malaikat Jibril melaksanakan tugas-tugasnya, antara lain :
a. Sewaktu Jibril membedah dada Rasulullah SAW. Malaikat Mikail yang mengambilkan air zam-zam untuk mencuci hati Nabi SAW.
b. Mendampingi malaikat Jibril mengantarkan Rasulullah SAW melakukan Isro Mi’raj.
3. Izroil
Malaikat yang bertugas mencabut ruh (nyawa) semua makhluk, termasuk nyawa para malaikat dan yang mencabut nyawanya sendiri. Oleh karena itu ia dinamakan juga “Malaikat Maut”. Tentu saja tugas tersebut dilaksanakan Izroil setelah mendapat perintah Allah SWT. “Demi yang mencabut nyawa dengan keras (terhadap orang-orang kafir), dan yang mencabut nyawa dengan lemah lembut (terhadap orang-orang mukmin).” (QS. An Nazi’at : 1-2)
4. Isrofil
Malaikat yang bertugas meniup sangkakala (terompet) pada saat tiba hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan dari alam kubur. “Dan pada hari iru (hari kiamat) Kami biarkan mereka bercampur aduk sebagian mereka dengan sebagian lain. Kemudian ditiup lagi sangkakala (sebagai tanda dibangkitkannya dari alam kubur), lalu kami kumpulkan mereka itu semuanya dan kami tampakan (neraka) jahanam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan begitu jelas.” (QS. Al Kahfi : 99-100).
5. Raqib
Malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan amal perbuatan baik manusia.
6. Atid
Malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan amal perbuatan buruk manusia. Tentang keberadaan malaikat Raqib dan Atid ini diterangkan oleh Allah SWT “Tiada suatu yang diucapkan manusia, melainkan didekatnya ada (yang mencatatnya, yakni) Raqib dan Atid.” (QS. Qaf : 18).
7. Munkar, dan 8. Nakir
Kedua malaikat ini bertugas mengadili manusia di alam kubur. Disebutkan dalam hadits bahwa setelah mayat dimasukan ke dalam kubur dan ditimbuni tanah serta orang yang mengantarkannya ke kubur telah kembali ke rumah masing-masing, maka datanglah dua malaikat Munkar dan Nakir.
Kedua malaikat tersebut menanyakan tentang segala sepak terjang si mayat selam hidup di dunia.
Pertanyaan kedua malaikat tersebut antara lain : siapa Tuhanmu, siapa nabimu, apa kitabmu, dan apa yang kamu kerjakan selama hidup di dunia. Dalam alam kubur, si mayat tidak bisa berbohong karena mulutnya terkunci. Sedangkan yang memberikan jawaban adalah organ-organ tubuh si mayat seperti mata, telinga, kaki dan tangan. Bisa tidaknya si mayat menjawab seluruh pertanyaan tersebut ditentukan oleh amal ibadahnya selama hidup di dunia.
9. Ridwan
Malaikat yang bertugas menjaga pintu surga tempat manusia menerima imbalan atas ketaatan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
10. Malik
Malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka tempat manusia menerima imbalan atas kedurhakaannya kepada Allah SWT. “Kami akan memanggil malaikat-malaikat (penjaga neraka).” (QS. Al ‘Alaq : 18).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar