"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 18 Januari 2012

KHASIAT BUAH ALPUKAT

Buah Alpukat

Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan



Buah alpukat termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak buah alpukat dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Dengan demikian, buah alpukat menyediakan energi yang cukup tinggi dibalik rasanya yang gurih dan lezat serta tidak pahit.

Selain kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalam buah alpukat dapat membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga, kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan. Selain itu,buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Kandungan Gizi Buah Alpukat


Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :
1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Manfaat Buah Alpukat


Banyak manfaat yang terkandung dalam buah alpukat seperti daging buah alpukat yang dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Bukan hanya itu saja, biji dan kulit pohonnya juga memiliki manfaat lain. Seperti, bijinya dapat digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Serta kulit pohonnya juga dapat dipakai sebagai pewarna warna coklat pada produk dari bahan kulit. Banyak nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat, untuk nutrisi selama hamil juga baik untuk si ibu dan si calon bayi. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari buah alpukat :

1. Kecantikan

Dalam hal ini buah alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu menghaluskan kulit. Serta vitamin A membantu perawatan pada kulit. Dengan kombinasi vitamin tersebut membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar. Umumnya buah alpukat digunakan dalam kecantikan sebagai masker wajah.

2. Kesehatan

Untuk masalah kesehatan tidak dipungkiri lagi, sebab buah alpukat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti, Potasium (kalium) yang ada dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Dalam buah alpukat juga ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada buah alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada buah alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur. Jadi jangan khawatir tentang pendapat bahwa buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan.

3. Mencegah Radikal Bebas

Asam oleat yang terkandung dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas tersebut jika didalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

4. Meredakan Sidrom Pra-haid

Vitamin B6 yang terdapat pada buah alpukat ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

5. Mencegah Anemia dan Serangan Jantung

Zat Besi dan Tembaga ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. Unsur mineral mangaan dan seng ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar