"Get Gifs at CodemySpace.com "

Rabu, 18 Januari 2012

KHASIAT BUAH JERUK

Buah Jeruk

 Khasiat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

 
Buah bulat kuning ini banyak dijumpai di pasar-pasar. Pasti semua orang sudah pernah merasakan buah yang manis ini. Buah jeruk itulah namanya, buah yang mudah untuk dicari. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari. Selain karena rasanya yang enak dan menyegarkan, buah jeruk juga umum dikenal sebagai sumber vitamin C yang kaya.
Buah jeruk merupakan buah yang sangat popular disekitar kita. Untuk itulah, pengetahuan tentang manfaat buah jeruk penting untuk kitapelajari dikarenakan kandungan gizi yang terdapat dalam buah jeruk sangat baik untuk kesehatan serta dapat mencegah berbagai penyakit.
Secara umum buah jeruk kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang terkandung dalam buah jeruk manis, setiap 100 g terdapat kalori 51 kal, protein 0.9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, mineral 0.5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg dan asam askorbat 49 mg.
Selain kaya gizi, zat kimia terkandung seperti bioflanid, minyak atsiri limonen, asam sitrat, linalin asetat dan fellandren dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batuk, menurunkan demam, meningkatkan gairah seksual dan membuat suara merdu.
Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga mengandung beta karoten (Pro Vitamin A) dan Thiamin (Vitamin B1).Vitamin C biasanya banyak ditemukan di bagian kulit buah jeruk, di bagian dalam kulit buah jeruk dan di dalam butiran kecil buah jerukBuah jeruk juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, fosfor, potasium, dan zat besi.

Manfaat Buah Jeruk

Apakah anda yang pernah merasakan buah jeruk sudah tau manfaat yang tersembunyi didalam buah jeruk? Dan berikut ini adalah manfaat daribuah jeruk :
1. Menghindari radikal bebas
Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.
2. Menghaluskan kulit
Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau buah jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
3. Menghilangkan kulit mati dan jerawat
Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.
4. Membangkitkan semangat
Wangi buah jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma buah jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.
Sebaliknya, jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian buah jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.
5. Mengatasi kaki bengkak
Potongan buah jeruk, terutama buah jeruk sitrun maupun buah jeruk lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
6. Menyejukkan kulit kepala
Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Buat campuran tonik rambut dengan sari buah jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe.
7. Sebagai obat batuk
Cara membuat ramuan : Buah jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.
Atau juga bisa buah jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita sakit batuk pilek.
8. Sebagai obat demam
Cara membuat ramuan: Buah jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebanyak setengah gelas.

Khasiat Buah Jeruk

Cari tahu khasiat buah jeruk lainnya berikut ini, seperti dikutip dari laman Times of India :
1. Sumber vitamin C
Satu buah jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.
Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.
2. Antioksidan untuk kesehatan kulit
Antioksidan dalam buah jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satubuah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.
3. Kaya Vitamin B6
Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.
4. Serat jeruk untuk cegah diabetes
Serat dalam buah jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, buah jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam buah jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.
5. Kaya beta-cryptoxanthin
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada buah jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.

Incoming search terms:

  • khasiat buah jeruk
  • buah jeruk
  • khasiat kulit jeruk manis
  • oshkosh lawn care services backyard organics
  • jeruk dan namanya
  • kasiat buah jeruk
  • jeruk nipis mengusir lemak
  • tujuan berendam dalam air panas bagi penderita ambeien?
  • efek dari lemon
  • tentang buah jeruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar